PROPOSAL


 

No.                    : 021/YMI/X/11
Lamp                 : 1(satu) berkas
Hal                    : Permohonan bantuan pengadaan tanah dan pembangunan gedung pendidikan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kaum Muslimin
Di -
Tempat


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, atas rahmat dan hidayah Allah SWT. Kita masih merasakan kasih sayang-Nya. Semoga kita senantiasa istiqomah di jalan dakwah membangun generasi muslim yang berkepribadian Islam. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW.
Pendidikan anak usia dini (0 – 6 tahun) mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan pembentukan generasi muda yang berkualitas, agar menjadi orang yang beriman, mandiri, sehat cerdas, ceria dan kreatif. Pendidikan yang diperoleh pada masa usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak pada tahap berikutnya dan mampu meningkatkan produktifitas serta kemandirian di masa yang akan datang. Sehingga pada masa itu pengembangan seluruh potensi anak harus dimulai, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai optimal. Dalam rangka mendukung program pendidikan anak usia dini, kami telah menyelenggarakan program Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT)  MADINATUL ILMI.
Disamping penyelenggaraan pendidikan tingkat Pra- sekolah, Yayasan Miyazumi Azzahra juga menyelenggarakan pendidikan Diniyah Takmiliyah untuk usia sekolah Dasar dan menengah, dan Majelis Ta’lim Ibu-ibu di sekitar Desa Serangmekar Kecamatan Ciparay Kab. Bandung.
Berkaitan dengan semakin berkembang dan bertambahnya jumlah peserta didik yang semakin padat, dan tempat yang kurang mencukupi, serta masih sewa,. Dalam rangka menyiapkan lingkungan pendidikan yang memadai, kondusif dan representatif, maka perlu adanya tanah dan bangunan. Adapun Lokasi tanah wakaf terletak di Kampung Depok Kelurahan Manggung harja Kecamatan Ciparay bandung. Dengan luas tanah ± 11.200m², harga / m² adalah Rp.200.000,-  (terbilang dua ratus ribu rupiah).total kebutuhan biaya adalah Rp. 2.240.000.000,-  (terbilang Dua Milyard Dua ratus empat puluh juta rupiah).
Oleh karena itu, kami mengajak kepada Bapak/Ibu Kaum Muslimin berkenan membantu dalam pengadaan tanah wakaf dan pembangunan Gedung pendidikan tersebut.Demikian permohonan kami, atas perhatian, kesediaan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih, Jazakumullah Khairan Katsira.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Bandung, 5 Oktober 2011
Panitia Pengadaan Tanah dan Gedung Yayasan Miyazumi Az-Zahra


PROPOSAL PENGADAAN TANAH DAN PEMBANGUNAN GEDUNG YAYASAN MIYAZUMI AZ-ZAHRA KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG


PROFIL YAYASAN MIYAZUMI AZZAHRA
Yayasan Miyazumi Azzahra adalah lembaga pendidikan, sosial dan da’wah yang dirintis pada bulan juni 2008 dengan menyelenggarakan kegiatan pengajian tsaqofah islamiyah ( Madrasah diniyah Takmiliyah) bagi anak – anak SD, SLTP, dan SMU disekitar Desa Serang mekar Ciparay Bandung dengan membentuk madrasah Madinatul Ilmi. Adapun materi yang diajarkan adalah :
1.      Pendidikan Al-Qur’an ( Tahsin, tahfidz, Tafsir dan qiro’atul qur’an)
2.      Pendidikan Nahwu Sharaf
3.      Kajian Kitab kuning dll
yang kemudian satu tahun berikutnya di selenggarkan pula kegiatan Majlis Ta’lim bagi ibu-ibu ditempat yang sama yakni Majlis Ta’lim Madinatul Ilmi.
Seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman, pada bulan Februari 2011 yayasan Miyazumi Azzahra di bentuk secara resmi melalui Notaris Tantri Sulistiyo widarti, SH dan disahkan berdasarkan Keputusan menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor : AHU-1857.A.H.01.04. Tahun 2011.
Secara resmi Yayasan ini diketuai oleh Jajang Nurzaman, SE. sekretaris Tantri Sulastri,Amd.  Bendahara Rani Nuraeni,SE. dan dibimbing oleh tokoh tokoh yang kafabel di bidangnya seperti K.H Kardita Kintabuwana, Lc. MA , Ust H. Jajang Rohana, Drs. Adang Hadiyat, MMpd, dan Umi Ike Hikmawati, Ssos.
Pada bulan februari tahun 2011 Yayasan Miyazumi Az-zahra mengembangkan program pendidikannya melalui TKIT Madinatul Ilmi yang beralamat di Jl. Serang kencana no. 03 rt 01 Rw 11 desa serangmekar Kecamatan Ciparay dengan sistem semi full day school yang di bentuk secara profesional melalui Dinas Pendidikan Nasional Kab. Bandung.
Program yayasan
Mengacu kepada tujuan pendirian Yayasan, maka disusun program Yayasan sebagai berikut:
1. Program kerja jangka pendek
a. Meningkatkan upaya pengelolaan TK Islam, Madrasah Diniyah serta Majlis ta’lim secara profesional.
b. Mengadakan pendidikan/pelatihan kepala sekolah, dewan guru serta karyawan dalam rangka meningkatkan SDM sesuai tuntutan tugas dan profesinya.
c. Menambah sarana komputer untuk pembelajaran pengenalan teknologi.
d. Menyelenggarakan perpustakaan untuk TKIT , Madrasah Diniyah, dan Ibu ibu majlis ta’lim
2. Program kerja jangka menengah
a.Membebaskan Tanah dan Gedung Madinatul Ilmi karena masih sewa.
b. Menambah fasilitas ruangan  Madinatul Ilmi
c. Membangun kantor sekretariat Yayasan Miyazumi Azzahra
d. Mengadakan pendidikan tingkat SLTP yakni Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu (SMPIT) Madinatul Ilmi
e.Mencari donatur untuk pembebasan tanah wakaf sebagai sarana untuk pembangunan SMPIT Madinatul Ilmi dan Masjid untuk sarana ibadah masyarakat dan siswa
3. Program kerja jangka panjang
Mengembangkan operasional pengelolaan Yayasan Miyazumi Azzahra dengan membangun Pondok pesantren Madinatul Ilmi dengan berbagai kelengkapannya antara lain:
a. Peribadatan : Masjid
b. Pendidikan : TKIT s.d Perguruan Tinggi Islam
c. Dakwah : Buletin Islam
d. Kesehatan : Poliklinik/Rumah Sakit Islam
e. Social : PantiAsuhan , Lumbung Amal , koperasi dan sebagainya.
f. Ekonomi : Peternakan, pertanian dan jual beli

A. PENDAHULUAN
Berangkat dari pengamatan rapuhnya kondisi moralitas ummat saat ini khususnya generasi muda, merupakan masalah yang harus segera dipikirkan dan diselesaikan. Masalah minimnya pendidikan agama dikalangan masyarakat khususnya generasi muda Islam salah satu sebab kedangkalan berfikir dan berperilaku jauh dari nilai-nilai Islam. Maka pendidikan atau tarbiyah adalah satu satu obat penawar terhadap penyakit kebodohan yang menghinggapi umat Islam saat ini.
Pembinaan (Tarbiyah) terhadap ummat dilakukan dengan mengerahkan seluruh daya dan upaya yang kami miliki, diantaranya melalui metode Dakwah berupa Majlis Ta’lim, Madrasah Diniyah,dan Pendidikan Formal anak-anak (TKIT).
Dalam Pendidikan Islam yang telah kami laksanakan tersebut, maka belumlah cukup untuk mencapai tujuan yang optimal dikarenakan masih sempitnya gerakan dan langkah untuk mengembangkan da’wah pada cakupan yang lebih luas.disamping itu kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang diperlukan. Seperti tanah yang luas, bangunan yang lebih besar dan sarana pendidikan lainnya yang menunjang. Islam Kaffah menjadi acuan kami dalam membina ummat. Ketika Ruhiyah kita dibina maka sangat tidak mungkin tanpa membina aqliyah (akal) kita. Keimanan seorang Muslim akan meningkat seiring dengan meningkatnya Ilmu.
Berangkat dari pemikiran diatas, dengan mengacu pada Program menengah Yayasan, kami Yayasan Miyazumi Az-zahra  bermaksud untuk menyelenggarakan Program PEMBEBASAN TANAH WAKAF yang nantinya akan dipergunakan untuk perluasan sarana pendidikan yang berbasis pada metode Islam Terpadu dan Boarding School (Pondok Pesantren MADINATUL ILMI Kabupaten Bandung).
Adapun Lokasi tanah wakaf yang menjadi sasaran pembebasan adalah terletak di Kampung Depok Kelurahan Manggung harja Kecamatan Ciparay bandung. Dengan luas tanah ± 11.200m², harga / m² adalah Rp.200.000,-  (terbilang dua ratus ribu rupiah).total kebutuhan biaya untuk pembebasan tanah wakaf tersebut adalah Rp. 2.240.000.000,-  (terbilang Dua Milyard Dua ratus empat puluh juta rupiah).
Karena itu, melalui proposal ini kami mengetuk hati para Muhsinin kiranya berkenan memberikan sebagian rizkinya untuk merealisasikan keinginan di atas.
Semoga Allah menerima amal kita dan membalasnya dengan yang lebih baik. Dan kepada Allahlah kita menyerahkan segala urusan.

B. DASAR PEMIKIRAN

Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikan baginya".
[HR. Muslim dalam Kitab Al-Washiyyah (4199)]
Perhatikan, satu diantara perkara yang tak akan terputus amalannya bagi seorang manusia, walaupun ia telah meninggal dunia adalah SEDEKAH JARIYAH, sedekah yang terus mengalir pahalanya bagi seseorang.
Hadits di atas menjelaskan amal perbuatan seorang Muslim akan terputus ketika ia meninggal dunia, sehingga ia tidak bisa lagi mendapatkan pahala. Namun, ada tiga hal yang pahalanya terus mengalir walau pelakunya sudah meninggal dunia, yaitu sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan doa anak shaleh. Dalam riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW menambahkan tiga amal di atas, Rasulullah SAW bersabda, ''Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi orang shaleh, mewakafkan Alquran, membangun masjid, membangun tempat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah.'' (HR Ibn Majah). Menurut Imam al-Suyuti (911 H), bila semua hadis mengenai amal yang pahalanya terus mengalir walau pelakunya sudah meninggal dunia dikumpulkan, semuanya berjumlah 10 amal. Yaitu ilmu yang bermanfaat, doa anak shaleh, sedekah jariyah (wakaf), menanam pohon kurma atau pohon-pohon yang buahnya bisa dimanfaatkan, mewakafkan buku, kitab atau Alquran, berjuang dan membela Tanah Air, membuat sumur, membuat irigasi, membangun tempat penginapan bagi para musafir, membangun tempat ibadah dan belajar. Kesepuluh hal di atas menjadi amal yang pahalanya terus mengalir, karena orang yang masih hidup akan terus mengambil manfaat dari ke-10 hal tersebut. Manfaat yang dirasakan orang yang masih hidup inilah yang menyebabkannya terus mendapatkan pahala walau ia sudah meninggal dunia. Dari pemaparan di atas, sudah seharusnya kita berusaha mengamalkan 10 hal tersebut atau paling tidak mengamalkan salah satunya, agar kita mendapatkan tambahan pahala di akhirat kelak, sehingga timbangan amal kebaikan kita lebih berat dari pada timbangan amal buruk.
Allah SWT berfirman, ''Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.''
 (QS al-A'raf [7]: 8).

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Penyelenggaraan Program Pembebasan Tanah wakaf ini di maksudkan untuk :
1. Menumbuhkan Kesadaran pada masyarakat akan Pentingnya shodaqoh
2. Memberikan ladang amal bagi masyarakat ataupun lembaga yang mampu untuk membantu program yayasan.
3. Membantu keberhasilan dakwah bagi masyarakat Kecamatan Ciparay pada khususnya dan Kabupaten bandung pada umumnya.
4. Membantu keberhasilan dakwah bagi masyarakat sekitar Yayasan Miyazumi Az-zahra

D. JENIS KEGIATAN
Dalam rangka mensosialisaikan keberadaan Proram PEMBEBASAN TANAH WAKAF MADINATUL ILMI  ini beberapa kegiatan sudah dirancang oleh pengelola berupa :
1. Penyebaran Proposal pada tiap lembaga. Baik pemerintah maupun swasta.

E. NAMA KEGIATAN / PROGAM
PENGADAAN TANAH DAN PEMBANGUNAN GEDUNG LEMBAGA PENDIDIKAN, DAKWAH DAN SOSIAL MADINATUL’ILMI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG


F. LEMBAGA PENYELENGGARA DAN LOKASI PROGRAM
YAYASAN MIYAZUMI AZ-ZAHRA

Office Yayasan Miyazumi Az-Zahra                      : Jl. Hj Engkon Dusun Andir rt 01/06 Desa pakutandang Kec.Ciparay Kab. Bandung
Office & Campus TKIT MADINATUL’ILMI     : Jl. Serang Kencana No.3 Desa Serang Mekar Kec.Ciparay Kab.Bandung, Telp. 085221720812
Loksi Tanah; Kampung Depok Desa Manggung Harja Kec.Ciparay Kab.Bandung


G. SUSUNAN PANITIA
Susunan panitia dan konsultan ahli :

Dewan Penasehat :
KH. Kardita Kintabuwana, Lc. M.A.
Ustdz. Ike Hikmawati, S.Sos
Ust. Jajang Rohana
Drs. Adang Hadiat, M.Pd


Dewan Pembina:
H. Ajum Abdul Gani
Ust. Ma’sum

Penanggung Jawab     : Jajang Nurzaman, SE.
Ketua Umum              : Dra.Endeh Shohibatul Khofiroh
Sekretaris I                  : Tantri Sulastri, Amd. S.Kom
Sekretaris II                : Elis Lina Marlina, S.PdI
Bendahara                   : Rani Nuraeni, SE. S.PdI.
Sie kesekretariatan      : Aep Rahman, S.PdI.
Sie Dokumentasi         : Rini Rahmawati, S.Pd
Sie Humas                   : Irfan Subiyanto


H. TUJUAN DAN HASIL YANG INGIN DICAPAI
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari diselenggarakanny Lembaga Pendidikan sosial dan Dakwah Madinatul’ilmi adalah untuk membentuk masyarakat Indonesia yang berkualitas,unggul ,  mandiri dan berwawasan Islam.

2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus diselenggarakannya Lembaga Pendidikan sosial dan Dakwah Madinatul Ilmi antara lain:
1.      Membantu meletakkan dasar kearah pengembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya; dan mengoptimalkan dan mengembangkan potensi jasmani,akal, ruhani dan sosial anak secara integral sesuai dengan tingkat kembangnya.
  1. Memberikan pelayanan dan pembinaan kepada masyarakat dibidang pendidikan agama.
  2. Mengembangkan kemandirian, daya pikir, kemampuan ber-bahasa, daya cipta, perasaan/emosi, kemampuan bermasya-rakat, ketrampilan jasmani dan ruhani.
Sedangkan tujuan khusus dari pengadaan tanah dan pembangunan gedung Lembaga Pendidikan Madinatul Ilmi, adalah;
  1. Terbangunnya sebuah lingkungan pendidikan anak dan masyarakat dengan tersediannya tanah yang cukup, kemudiaan dilanjutkan dengan pembangunan gedung, untuk meningkatkan layanan dan pendidikan anak dan masyarakat dalam mengembangkan potensi dan intelektual yang berkembang cukup pesat.
  2. Tersedianya kompleks gedung dan sarana pendidikan yang kondusif dan representatif.
  3. Meningkatnya layanan dan pendidikan pada anak dan masyarakat semaksimal mungkin.

G. RINCIAN ANGGARAN BIAYA
Adapun Lokasi tanah wakaf yang menjadi sasaran pembebasan adalah terletak di Kampung Depok Kelurahan Manggung harja Kecamatan Ciparay bandung. Dengan luas tanah ± 11.200m², harga / m² adalah Rp.200.000,-  (terbilang dua ratus ribu rupiah).total kebutuhan biaya untuk pembebasan tanah wakaf tersebut adalah Rp. 2.240.000.000,-  (terbilang Dua Milyard Dua ratus empat puluh juta rupiah).

H. SUMBER PEMBIAYAAN PROGRAM
Sumber pembiayaan program pendidikan Madinatul Ilmi Yayasan Miyazumi Az-Zahra, khususnya pengadaan tanah dan pembangunan gedung adalah bersumber dari ;
1.    Yayasan
2.    Lembaga amil zakat
3.    Pemerintah
4.    BUMN
5.    Kedutaan Besar yang ada di Indonesia
6.    Masyarakat yang peduli dengan pendidikan anak usia dini
7.    Dan usaha lain yang tidak mengikat

I. PARTISIPASI AKTIF DAN DUKUNGAN MASYARAKAT
Membuka pintu lebar-lebar untuk segala bentuk partisipasi bagi pengembangan institusi TKIT ini. Untuk memudahkan, kami menyediakan beberapa paket partisipasi, diantaranya;
1. PAKET WAKAF TOTAL PENGADAAN TANAH
Paket senilai Rp 2.240.000.000,- ini terbuka bagi institusi atau pribadi yang berkeinginan menanamkan investasi akhirat untuk keberlangusungan pendidikan anak usia dini ini.

2. PAKET WAKAF TUNAI PER METER
Paket wakaf tunai per meter senilai Rp 200.000,- terbuka untuk pribadi/institusi dengan nilai minimal tersebut di atas.

3. PAKET Tak Ditentukan
Paket dalam jumlah seberapapun ini terbuka luas bagi siapapun yang peduli pada upaya pengembangan institusi pendidikan anak usia dini ini. Insya Allah, tiada potensi yang tersia. Paket ini bisa donatur rutin atau insidental.


4. PAKET Jemput Wakaf
paket ini tidak ditentukan jumlahnya, dan bagi kaum muslimin yang tidak bisa menyempatkan transfer lewat rekening atau paket yang lain, maka bisa minta dijemput langsung oleh panitia dengan memberitahukan lewat no 085223719336/085221720812 atas nama jajang/tantri

           Untuk transfer uang dapat anda kirim ke:
 rekening BRI  0132-01-005944-53-5 atas nama Jajang Nurjaman


J. PENUTUP
Demikian proposal pengadaan tanah dan pembangunan gedung pendidikan Madinatul’ilmi Yayasan Miyazumi Az-Zahra, kami ajukan kepada Bapak/Ibu yang peduli dengan pendidikan generasi masa depan, Dengan segenap kemampuan dan fasilitas yang kami miliki, semoga pelaksanaan layanan pendidikan, dakwah dan sosial ini dapat terlaksanan dengan baik dan dapat berhasil seperti yang diharapkan. Dengan demikian kita dapat memajukan pendidikan islam di kecamatan Ciparay.
Wassalamu’alaikum Wr, Wb

           Ketua Panitia                                                                            Sekretaris


Dra. Endeh Shohibatul Khofiroh                                           Tantri Sulastri, A.Md. S.Kom
                                                                   
          Mengetahui,
                                                Ketua Yayasan Miyazumi Azzahra


                                               
                                                        Jajang Nurzaman, SE.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Loading...