Minggu, 20 Maret 2011

Tips Supaya anak hormat pada orang tua


Berikut cara-cara yang dapat dilakukan agar anak menghormati orang yang lebih tua :
1. Perlakukan dan hormati anak seperti anda menghormati orang dewasa
Tidak jarang ada orang tua yang luput dari menghormati anak-anaknya namun mereka malah mengharuskan anak-anaknya menghormati orang yang lebih tua. Ingat, anak juga manusia yang mempunyai perasaan dan dapat mencontoh apa yang sering ia lihat dan rasakan. Biasakanlah untuk menghormati anak agar ia tidak luput dari rasa menghormati siapapun menjadi anak yang berbudi pekerti baik.
2. Hormati hak-hak anak
Anak berhak mendapatkan uang jajan maka berikanlah, berikan juga kebebasan untuk berbicara dan berekspresi, tentu kebebasannya jangan sampai keluar dari koridor yang diharapkan. Dengan cara seperti ini anak akan terbiasa untuk menghargai dan menghormati kebebasan milik orang lain.
3. Jadilah orang tua yang menghormati orang lain
Anak adalah peniru ulung atau Great Imitator, pada umumnya anak akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya, bila Anda menghormati orang lain tentu anak pun akan belajar dan meniru dari kebiasaan Anda.
Oleh karenanya mulailah berikan contoh yang baik dan perlakukan anak-anak sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Selamat mendidik anak, semoga anak Anda menjadi anak sesuai yang dicita-citakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar